Destinasi Wisata Hits di Jogja yang Harus Dikunjungi

Destinasi Wisata Hits di Jogja yang Harus Dikunjungi

Apakah Anda pernah berwisata ke Kota Yogyakarta? Kalau belum, Anda tentu harus mencobanya. Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pelajar juga dikenal akan pariwisatanya. Kota ini juga mendapat predikat Daerah Istimewa di Indonesia selain Daerah Istimewa Aceh. Kultur budaya yang masih terjaga apik di kota Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi kota gudeg ini.

Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar yang penduduknya ramah-ramah, masih menjaga adat istiadat setempat, dan terbuka pada orang lain. Hal ini menjadikan Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata favorit bagi para wisatawan. Selain itu, banyaknya peninggalan sejarah yang masih terjaga dengan baik serta panorama alam yang masih asri turut menambah pesona kota ini. Berikut adalah tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang wajib untuk Anda kunjungi:

Pilihan Destinasi Wisata Bersejarah

  • Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu ikon wisata di Yogyakarta. Pasalnya candi Hindu ini telah banyak menarik banyak wisatawan asing dari berbagai negara untuk melihat keindahan arsitekturnya. Candi Prambanan terletak di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman dengan jam buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

  • Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata wajib selanjutnya yang harus Anda kunjungi ketika melancong ke Yogyakarta. Keraton Yogyakarta merupakan peninggalan Kesultanan Yogyakarta yang hingga saat ini masih terawat dengan baik. Bangunan bersejarah ini terletak di Jalan Rotowijayan Blok Nomor 1 Panembahan, Kraton. Wisatawan cukup membayar Rp. 7.000.00 untuk dapat memasuki Keraton Yogyakarta, sangat murah bukan?

  • Taman Sari

Salah satu wisata yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta adalah Taman Sari. Taman Sari terletak di Jalan Taman, Kraton, Yogyakarta. Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5000.00 untuk menikmati keindahan dari Taman Sari. Bangunan Taman Sari merupakan situs bersejarah yang masih sangat terawat hingga saat ini bahkan konon, masyarakat Yogyakarta menganggap dulunya Taman Sari adalah istana tempat pemandian para putri-putri keraton. Anda penasaran? Cobalah kunjungi Taman Sari pada pukul 09.00-14.00 WIB.

Pilihan Paket Wisata Alam Yang Bisa Dinikmati

  • Tlogo Putri Kaliurang

Destinasi selanjutnya yang dapat Anda kunjungi selama berada di Yogyakarta adalah Tlogo Putri Kaliurang. Letaknya yang berada di lereng Gunung Merapi menjadikan suasana di Tlogo Putri sejuk dan nyaman. Ditambah lagi dengan suguhan panorama alam yang masih asri tanpa eksploitasi tangan manusia.

Oh, ya jangan lupa untuk mencoba kuliner khas di Kaliurang ini ya yaitu sate kelinci. Biaya yang dikenakan bagi para pengunjung pun sangat ekonomis. Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 3.000.00 untuk menikmati keindahan Tlogo Putri Kaliurang.

  • Pantai Parangtritis

Tempat destinasi wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi selama di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini sering dikenal sebagai Pantai Pesisir Selatan Jawa, yang terkadang dikaitkan dengan mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat Yogyakarta. Tapi tak perlu takut, pantai ini menyuguhkan panorama yang luar biasa indah terutama bagi Anda yang suka melihat sunset di Pantai.

Hamparan pasir hitamnya, ditambah dengan berbagai fasilitas seperti ATV, Bendi, dan warung-warung yang menyediakan makanan khas kota Yogyakarta di pesisir pantai menambah keelokan Pantai Parangtritis. Sungguh sangat disayangkan bagi Anda yang mengaku pencinta travelling tapi belum pernah singgah di Pantai ini.

  • Goa Jomblang

Bagi Anda pencinta wisata alam yang menyukai tantangan maka Goa Jomblang dapat menjadi pilihan destinasi yang tepat bagi Anda. Goa ini terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Uniknya Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang terdapat hutan di dalamnya. Rute yang dilalui memang cukup sulit tetapi akan terbayar jika Anda telah sampai di dasar Goa. Cahaya matahari yang menembus ke dasar Goa pada pukul 10.00-12.00 WIB akan tampak seperti cahaya surga.

Pilihan Wisata Keluarga Yang Membantu Merilekskan Pikiran

  • Jalan Malioboro

Malioboro adalah salah satu tempat favorit wisatawan apabila melakukan kunjungan ke Kota Yogyakarta. Tentu, belum lengkap rasanya apabila Anda singgah ke kota ini tanpa mengunjungi Malioboro. Malioboro sendiri merupakan jalan yang terdapat di wilayah Yogyakarta, akan tetapi digunakan oleh pedagang untuk berjualan aneka macam batik khas Jogja, kuliner, hingga pernak-pernik khas kota Yogyakarta dengan harga yang murah.

Malioboro juga mudah dijangkau karena terletak di pusat kota Yogyakarta. Pengunjung tidak perlu membayar karcis untuk memasuki kawasan Malioboro ini, kecuali apabila membawa kendaraan bermotor maka akan dikenakan tarif retribusi.

  • Kebun Binatang Gembira Loka

Bagi Anda yang menyukai satwa langka dan menarik, maka kebun binatang Gembira Loka merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang atau berencana pergi ke Kota Yogyakarta. Kebun binatang ini terletak di Jalan Kebun Raya Nomor 2. Biaya masuk kebun binatang cukup ekonomis, Anda hanya perlu membayar Rp. 30.000.00 untuk memasuki kebun binatang yang paling terkenal di wilayah Yogyakarta ini.

Pengunjung kebun binatang Gembira Loka bahkan diperbolehkan untuk memberi makan binatang, dalam pengawasan penjaga hewan tentunya ya. Selain itu pengunjung juga diperbolehkan untuk mengambil foto binatang yang ada di kebun binatang ini. Bahkan dapat berfoto selfie dengan hewannya. Sungguh, paket komplit bukan?

  • Taman Pintar

Bagi Anda dan keluarga yang menginginkan wisata edukasi maka Taman Pintar adalah pilihan yang paling tepat. Taman pintar menyediakan berbagai wahana edukasi anak yang dikemas dengan menarik sehingga dapat menambah wawasan anak tanpa rasa bosan. Taman pintar terletak di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3 dan dapat dikunjungi pada pukul 09.00-16.00 WIB setiap harinya.

  • Alun-alun Kidul

Alun-alun kidul juga termasuk tempat wisata fenomenal yang dapat Anda kunjungi ketika berwisata ke Yogyakarta. Tempat ini seperti alun-alun pada umumnya tetapi yang membedakan yaitu adanya dua pohon beringin yang tumbuh di tengah alun-alun tersebut. Salah satu tradisi yang terdapat di alun-alun kidul ini yaitu “masangin”. Masangin dilakukan dengan berjalan lurus menuju celah kedua pohon besar tersebut tetapi dilakukan dengan mata tertutup.

Anehnya banyak pengunjung yang justru tidak berhasil melewati celah tersebut padahal celah antara kedua pohon cukup besar dan sebelum mata ditutup telah diarahkan jalan yang lurus. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya bukan? Tempat ini sangatlah ramai dikunjungi pada sore dan malam hari, aneka kuliner khas kota wisata turut melengkapi keindahan panorama sore di alun-alun kidul ditambah dengan becak hias turut menambah keunikan dari alun-alun kidul ini.

Demikianlah contoh-contoh tempat wisata di Kota Yogyakarta. Pastinya masih banyak tempat lain yang harus dikunjungi ketika Anda berada di Yogyakarta.